Jovani Lenisha 8B 20

  1. Apakah tujuan belajar analisis data? belajar mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis? Pengelolaan data, visualisasi data, pencarian data, dan peringkasan data
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu! sebagai pencarian data di aplikasi pengolah lembar kerja
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table? sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu.
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS? formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data? menyederhanakan data agar dapat diperoleh informasi yang sesederhana mungkin tentang karakteristik data itu. 
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8? untuk mengolah kemampuan analisis data sejak dini pada era yang penuh perkembangan
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel? insert pada menu bar, klik icon chart berbentuk grafik, pilih jenis grafik, masukkan data ke dalam grafik, atur tampilan grafik
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?  belajar untuk memakai fungsi pencarian data dalam aplikasi lembar kerja. Pencarian data diperlukan apabila mencari data tertentu di dalam kumpulan data yang banyak.
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data? belajar menampilkan data secara visual dan membandingkan beberapa tampilan data secara visual menggunakan beberapa jenis chart. Jenis chart terdiri atas pie, column, bar, line, dan area.
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data? belajar mengelola sekumpulan data menggunakan Tables. Dengan Tables, proses filter, sorting, serta perhitungan total akan lebih mudah dilakukan.
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ? fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ni adalah MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range.
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya? match mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. index mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk. choose mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai.
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data? iya
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan? sumifs
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan! ya sangat berguna untuk mengunci kolom atau baris ataupun keduanya. Absolute reference akan menghasilkan formula yang alamat cell nya tidak berubah dimanapun formula tersebut dicopy.
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini? ya
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?  jika secara manual kita dapat melakukan kesalahan dan memakan waktu, serta sulit dengan harusnya melakukan formula secara manual
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel! Pivot artinya poros, hubungannya dengan pivot table adalah sesuai fungsinya, table interaktif  sangat cepat dalam menganalisa, mengkombinasikan dan membandingkan sejumlah data, sedikit atau banyak sehingga menjadi sebuah laporan berbentuk table-table
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini? ya


Comments

Popular posts from this blog

Bab 1 - Jaringan Internet

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jovani 8B 20